@thesis{thesis, author={SAPUTRI RIZKA ALVENIA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA HUBUNGAN ANTAR MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM KELAS V SD NEGERI 2 SOBO GROBOGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1358/}, abstract={Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan pada proes pembelajaran, kurangnya fasilitas yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran agar dapat menunjang hasil belajar peserta didik di sekolah. Tidak hanya itu, kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, khususnya pada materi Ekosistem, serta perlunya inovasi media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam memahami ekosistem tanpa merasakan bosan saat proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran e-comic untuk pemahaman materi ekosistem peserta didik sekolah dasar?, 2) Apakah pengembangan media e-comic layak diterapkan untuk mengembangkan pemahaman materi ekosistem peserta didik sekolah dasar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mengetahui proses pengembangan media e-comic untuk pemahaman materi peserta didik sekolah dasar, 2) Mengetahui kelayakan media e-comic untuk pemahaman materi ekosistem peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan berdasarkan langkah-langkah penelitian menurut Borg and Gall. Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Sobo Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan dengan jumlah 23 peserta didik dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Berdasarkan presentase validasi ahli media I dengan hasil sebesar 91%, validasi ahli media II dengan hasil sebesar 95%, validasi ahli materi I dengan hasil sebesar 94,2%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 93%, validasi ahli elemen Profil Pelajar Pancasila I mendapatkan presentase sebesar 87,5%, validasi ahli elemen Profil Pelajar Pancasila II dengan hasil sebesar 95%, analisis presentase respon peserta didik sebesar 89,1%, dan analisis presentase respon guru kelas V sebesar 87,5%. Media e-comic ini memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi, membuat penyampaian materi lebih terkesan menarik serta menyenangkan dan membantu pengkondisian kelas pada saat proses pembelajran berlangsung. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan oleh Sanjaya (2013: 132) bahwa pembelajaran berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-comic yang dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan, kemudian media pembelajaran e-comic layak digunakan dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi Hubungan Antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem.} }