@thesis{thesis, author={Cahyaningtyas Risma}, title ={PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 GUBUG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1365/}, abstract={Risma Cahyaningtyas. NPM 19110149. ?Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug? Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNIVERSITAS PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I : Dr. Dini Rakhmawati, S.Pd., M. Pd. Pembimbing II : Dr. Venty, S. Ag., M. Pd. 2023. Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan manusia, artinya setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug. Penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen mengenai skala motivasi belajar dapat diketahui pada kelas eksperimen terdapat 10 siswa pada kategori rendah dengan persentasi 100%. Sementara pada kelas kontrol terdapat 1 siswa berada pada kategori sangat rendah dengan persentase 10% dan 9 siswa pada kategori rendah dengan persentase 90%. Berdasarkan hasil dari posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol di atas. Pada kelas eksperimen didapatkan nilai tertinggi sebesar 109 dan nilai terendah sebesar 86 sementara pada kelas kontrol nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 65. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan dua rata-rata data yang disajikan pada tabel diatas diketahui pada kolom levene?s test for equality of variance memiliki nilai signifikan sebesar 0.681 (p> 0.05). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk mengembangkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gubug. Dari hasil analisis didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving yaitu 73.3 dan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving mengalami kenaikan yaitu 92,90. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti mengajukan beberapa saran, yaitu: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving sangat bermanfaat bagi siswa di sekolah. Sehingga diharapkan pihak sekolah dapat mengimplementasikan pelaksanaan layanan dengan teknik problem solving. Guru Bimbingan Konseling dapat mengembangkan inovasi baru menggunakan teknik problem solving ini. Siswa yang telah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving agar dapat mempertahankan komitmen yang telah dibuat dan dapat mengaktualisasikan diri secara lebih baik lagi. Guru bimbingan dan konseling hendaknya mencoba dan menerapkannya dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving sebagai salah satu teknik yang dapat menjadikan siswa lebih aktif, kreatif dan menyenangkan. Bagi peneliti selanjutnya kiranya dapat mengambil sampel yang lebih luas dan jenjang pendidikan yang bervarian, serta mencari faktor lain yang dimiliki siswa. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Problem Solving, Motivasi Belajar} }