@thesis{thesis, author={Ragilena Rizky Novinda}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC ) TEMA 2 KELAS V DI SDN TLOGOWUNGU 02}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1394/}, abstract={RIZKY NOVINDA RAGILENA. NPM 18120151. ?Pengembangan Bahan Ajar berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering ,Art , And Mathematic ) Tema 2 Kelas V Di SD Negeri Tlogowungu 02?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.2023. Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran khususnya tema 2 subtema 1 dikelas V dan penggunaan pendekatan pembelajaran yang sedikit. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) tema 2 kelas IV di Sekolah Dasar? (2) Bagaimana kepraktisan dan kevalidan bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli?. Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah menghasilakan bahan ajar yang praktis dan valid yang berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) tema 2 kelas IV di SDN Tlogowungu 02. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 5 tahap yaitu Penelitian dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan produk awal, Uji validitas pakar, dan Uji coba lapangan skala kecil. Sampel yang diambil adalah 15 siswa dengan menggunakan teknik sampling Non Probability. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, angket, dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil produk bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) tema 2 kelas V SDN Tlogowungu 02 dan pengembangan bahan ajar berbasis STEAM dikatakan layak, hal ini berdasarkan nilai persentase ahli bahan ajar 95,00%, ahli materi 95,45% dengan kategori ?Sangat Layak? dan ahli praktisi guru 100% dengan kategori ?Sangat Layak?. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka pengembangan bahan ajar berbasis STEAM tema 2 kelas V valid digunakan sebagai bahan ajar peserta didik. Hasil dari persentase tanggapan guru terhadap bahan ajar sebesar 95% dan tanggapan siswa sebesar 98,3%. Berdasarkan persentase tersebut diketahui bahwa bahan ajar berbasis STEAM tema 2 kelas V praktis digunakan siswa kelas V Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat peneliti sampaikan adalah bahan ajar berbasis STEAM (Science, Tecnology, Enginering, Art, and Mathematics ) dapat digunakan sebagai alternatif guru dalam mengajar.} }