@thesis{thesis, author={RAMADHANI RUSTANTI}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEM BERBANTU VIDEO PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1 KELAS V SD NEGERI SIDOLUHUR 01}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1397/}, abstract={Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa, kurangnya hasil belajar pada tema 6 subtema 2 pembelajaran 1, guru tidak menggunakan model pembelajaran, serta tidak adanya penggunaan media pembelajaran menggunakan teknologi. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran Powtoon terhadap hasil belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Sidoluhur 01. Maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran Powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Sidoluhur 01?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Pre Esperimental desaign dengan bentuk One-Grup Pretest dan Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidoluhur 01 tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sidoluhur 01 yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes (wawancara dan dokumentasi). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji-t, uji ketuntasan hasil belajar. Hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran powtoon diperoleh perhitungan pretest dan posttest terdapat perbedaan. Nilai pretest lebih kecil dari pada posttest yaitu 52,5 < 82,08. Selisih nilai rata-rata pretest dan posttest adalah 29,58. Hal ini terbukti pada analisis akhir dengan menggunakan uji t diketahui hasil t hitung = 13,21800 dengan taraf signifikan 5% didapat nilai t tabel = 2,179, jadi 13,21800 > 2,179 maka Ha diterima artinya model pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran powtoon dapat berpengaruh pada hasil belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 di kelas V SD Negeri Sidoluhur 01. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STEM berbantu video pembelajaran powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar tema 6 subtema 2 pembelajaran 1 kelas V SD Negeri Sidoluhur 01. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah hendaknya model pembelajaran STEM berbantu video pembalajaran powtoon dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Kata Kunci : Model Pembelajaran STEM, Hasil Belajar} }