@thesis{thesis, author={Andini Safitri Dian}, title ={PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITA UNTUK MENGATASI STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1403/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mahasiswa yang mengalami hambatan dalam menyelesaikan tugas akhir dan ketakutan yang sangat tinggi pada suatu masalah yang sedang dihadapi, serta perasaan takut ketika tidak bisa memenuhi tuntutan tersebut. Namun, faktanya banyak mahasiswa yang masih khawatir tentang masa depan yang akan dijalaninya nanti dan presepsi tersebut membuat mahasiswa tidak mau membuka dirinya dan sering merasa tertekan ketika menjalani kehidupan sehari-harinya. Dan salah satu alternatif yang dapat diberikan untuk membantu mahasiswa tersebut dalam meningkatkan prestasi dan menyelesaikan tugas akhirnya adalah dengan memberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Tujuan penulis dari penelitian ini adalah supaya mahasiswa tingkat akhir dapat mengatasi hambatan yang muncul pada suatu masalah yang sering dihadapinya. Dan mahasiswa dapat mengetahui apa saja yang harus diperbaiki sehingga dapat menyelesaikkan skripsi. Jenis penelitian yang dilakukan penulis ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan jumlah 32 mahasiswa. sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive random sampling sehingga diperolah jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 mahasiswa yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing terdiri dari 5 mahasiswa kelompok kontrol dan 5 mahasiswa kelompok eksperimen yang dibagi menjadi kelompok kecil. Data penelitian ini menujukkan hasil dari pretest dan posttest dalam kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini menunjukkan perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan realita. Hal ini dibuktikan dengan uji-t dimana output Paired T-Test, uji-t nilai sig pada output tabel > 0,05. Dan pada uji normalitas masing-masing uji sig nya sebesar 0, 148 dan 0,685 pada masing masing uji sehingga ada pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk mengatasi stress akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan pendekatan realita untuk mengatasi stress akademik di mahasiswa tingkat akhir. Sehingga saran yang dapat peneliti sampaikan kepada guru bk hendaknya memberikan layanan secara optimal dan merata sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, dan memberikan konseling kelompok agar lebih bersemangat dalam membantu mahasiswa menyelesaikan tugas akhirnya. Kata kunci : Konseling Kelompok, Realita, Stress Akademik} }