@thesis{thesis, author={Tanama Rosa}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA KAOS KAKI UNTUK MUATAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 01 JATINGARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1420/}, abstract={ROSA TANAMA. NPM. 16120160. ?Pengembangan Media Boneka Kaos Kaki Untuk Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 01 Jatingarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Siswa kelas III SDN 01 Jatingarang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, sebagian besar siswa masih kesulitan dalam berkomunikasi dengan bahasa lisan, sulit mengungkapkan pendapat dengan sederhana, dan kemampuan kosa kata pun masih terbatas. Penggunaan metode bercerita dengan boneka kaos kaki sangatlah banyak manfaatnya. Hal ini disebabkan masa siswa-siswa merupakan masa bermain, seorang guru yang tahu kalau dunia siswa adalah dunia cerita, maka guru yang profesional akan memasukkan pembelajaran sedikit demi sedikit melalui bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan dan kualitas pembelajaran berbicara dengan media boneka kaos kaki untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Jatingarang yang memenuhi kriteria kualitas baik. Jenis penelitian ini adalah prosedur penelitian dan pengembangan atau yang lebih dikenal dengan research and development. Prosedur penelitian menggunakan R&D dari model ADDIE. Tahap-tahap penelitian meliputi analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implemen?tation) dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitan menunjukkan 1) Pengembangan media boneka kaos kaki untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Jatingarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan dengan analisis, merancang, pengembangan, implementasi penerapan dan evaluasi; 2) Kualitas pembelajaran berbicara dengan media boneka kaos kaki untuk siswa kelas III SD Negeri 01 Jatingarang Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021 efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji validasi media mencapai tingkat 90% dengan kategori ?Layak? dan hasil uji validasi materi mencapai kevalidan sebesar 100% dengan kategori ?Sangat Layak Digunakan?. Dilihat dari hasil tes rata-rata nilai 86,00, sehingga pada media pembelajaran boneka kaos kaki dalam karakter tanggung jawab tema perkembangan teknologi sub tema perkembangan teknologi produksi sandang efektif sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Boneka Kaos Kaki, Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia} }