@thesis{thesis, author={Atut Rospita}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SDN BUGANGAN 01}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1426/}, abstract={ROSPITA ATUT. NPM 19120390. ?Pengembangan Media Flipbook Berbasis Augmented Reality Pada Materi Siklus Air kelas V SDN Bugangan 01?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr.Siti Patonah.,M.Pd. dan pembimbing II Ferina Agustini.,S.Pd., M.Pd 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah sulitnya pemahaman siswa terhadap materi Siklus Air dalam muatan IPA dan minimnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang terlaksana. Tujuan dari penelitian untuk mempermudah siswa dalam memahami materi IPA tentang siklus air menggunakan media Flipbook berbasis Augmeneted Reality (AR) agar siswa tidak merasa bosan menggunakan media buku. Teknologi ini dapat mengubah tampilan barcode menjadi tampilan 3D di layar smartphone seperti terjadi di dunia nyata. Oleh karena itu guru membutuhkan adanya media yang menarik dan menyenangkan salah satunya dengan mengembangkan media Flipbook berbasis Augmented Reality (AR). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)Bagaimanakah langkah pengembangan sebuah media Flipbook berbasis Augmented Reality? 2) Bagaimanakah kelayakan media Flipbook berbasis Augmented Reality? Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan media Flipbook berbasis Augmented Reality kepada guru kelas V hanya sampai tahap merevisi hasil uji coba. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan di SDN Bugangan 01 pada tanggal 6 sampai dengan 8 Februari 2023. Hasil dari pengembangan yang dilakukan berdasarkan langkah pengembangan yaitu melakukan penelitian dan pengumpulan informasi dengan melakukan studi pendahuluan berupa wawancara dan mengisi angket kebutuhan guru dan siswa kelas V. Informasi yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis, hasil analisias digunakan untuk menyusun perencanaan, setelah itu pengembangan draf awal produk melakukan uji validasi dengan validator ahli materi dan media, selanjutnya melakukan uji lapangan, setelah melakukan uji lapangan awal. Hasil Penelitian media Flipbook berbasis Augmented Reality kepada guru kelas V yang dikembangkan sudah layak digunakan guru sebagai referensi dan pendamping buku guru karena hasil validasi ahli materi memperoleh presentase 91,6%, hasil validasi ahli media memperoleh presentase 90%, dan hasil penilaian angket respon guru memperoleh presentase 97,59%. Kesimpulannya pengembangan media Flipbook berbasis Augmented Reality termasuk dalam kategori ?Sangat Relevan? dan ?layak digunakan? memenuhi kriteria valid. Media Flipbook Berbasis Augmented Reality Pada Materi Siklus Air Kelas V SDN Bugangan 01 dapat menjadi salah satu pilihan media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai referensi guru untuk pendamping buku guru saat memberikan materi kepada siswa. Media Flipbook Berbasis Augmented Reality Pada Materi Siklus Air Kelas V SDN Bugangan 01 dapat dijadikan media yang praktis dan efisien.} }