@thesis{thesis, author={ANJELINA SEPFEIRA}, title ={PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERNAPASAN PADA HEWAN DAN MANUSIA KELAS V DI SD BOPKRI 3 BONDO KABUPATEN JEPARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1437/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi pernapasan pada hewan dan manusia kelas V di SD BOPKRI 3 Bondo Kabupaten Jepara. Hasil dalam penelitian ini adalah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara hasil pretest dan hasil posttest dilihat dari skor hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Problem Based Learning (pretest) adalah nilai terendah sebesar 30 dan nilai tertinggi sebesar 80 dengan memperoleh rata-rata sebesar 46. Sedangkan skor hasil belajar siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning (posttest) adalah dengan nilai terendah sebesar 70 dan nilai tertinggi sebesar 90 dengan memperoleh rata rata sebesar 85. hasil hipotesis melalui uji paired sampel t-test diperoleh yaitu 13081 > 4.137 maka ditolak > diterima sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang dicapai pada pretest dengan hasil belajar siswa yang dicapai pada posttest. Berdasarkan data tersebut model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi pernapasan pada hewan dan manusia kelas V di SD BOPKRI 3 Bondo Kabupaten Jepara. Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA} }