@thesis{thesis, author={ULFA DEVITA SARI MARIA}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI MRANGGEN 4}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1438/}, abstract={DEVITA SARI MARIA ULFA. NPM 19120356. ?Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Mranggen 4?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ari Widyaningrum, S.Pd., M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika di kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Hal tersebut disebabkan karena pelaksanaan proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Mranggen 4? 2) Apakah terdapat perbedaan rata-rata belajar siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Mranggen 4? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Eksperiment Design dengan desain Nonequivalet Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 4 Demak tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 50 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan non tes. tes meliputi pretest dan posttest. sedangkan non tes meliputi observasi dan dokumentasi. Hasil pembahasan dan analisis data siswa dalam penelitian ini pada uji hipotesis 1 rata-rata nilai pretest yaitu 70,32 dan rata-rata posttest yaitu 89,84 maka diperoleh thitung = 2,398 dan koefisien tersebut dengan taraf signifikasi 5% dan db= 48 maka diperoleh ttabel = 2,010 maka nilai thitung > ttabel. Kemudian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dilakukan melalui uji N-Gain diperoleh hasil 0,71 (71%) pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 4 pada mata pelajaran Matematika. Pada uji hipotesis 2 dilihat berdasarkan nilai rata- rata postest kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing yaitu 80,56 dan 89,84 maka diperoleh thitung = 5,333 dan koefisien tersebut dengan taraf signifikasi 5% dan db= 48 maka diperoleh ttabel = 2,010 maka nilai thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model Make A Match dengan model konvensional pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri Mranggen 4. Selain dapat meningkatkan nilai kognitif, model ini juga dapat meningkatkan nilai afektif siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai sikap kelas kontrol adalah 69,3 dan kelas eksperimen adalah 74,6. Rata-rata penilaian psikomotorik kelas eksperimen adalah 98,6 dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mranggen 4 setelah menggunakan model pembelajarn Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari hasil belajar pada mata pelajaran matematika.} }