@thesis{thesis, author={Firmansyah Maulana Fadjrul Falah}, title ={KEEFEKTIFAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS MATERI SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KEDUNGWUNI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1445/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya metode pembelajaran yang terprogram terhadap kemampuan belajar materi sepak bola kelas X SMK Muhammadiyah Kedungwuni. Materi sepak bola peserta didik X SMK Muhammadiyah Kedungwuni masih kurang sesuai dengan target yang telah ditentukan karena nilainya rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manakah yang paling efektif antara Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk pre?experimental design dan jenis two-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division. Yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu kelas X TKRO 2 dan kelas X TBSM 1 yang berjumlah 52 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari penilaian kepada siswa. Hasil Data model pembelajaran Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola dinyatakan berdistribusi normal jika nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Dari pengolahan data pada kelas eksperimen terdapat 0,000, hal ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.000> 0.05. Sedangkan dari pengolahan data kelas kontrol terdapat 0,002, hal ini menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena lebih besar dari 0,05 yaitu 0,002 < 0,05. Sehingga data hasil model pembelajaran Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar materi sepak bola pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Simpulan penelitian ini adalah bahwa model Student Teams Achievement Division lebih yang signifikan. Saran dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi sepak bola melalui Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division. Kata kunci : Teams Games Tournament Dan Student Teams Achievement Division, Sepak Bola, Hasil Belajar} }