@thesis{thesis, author={Setianingtyas Rustanti}, title ={EFEKTIFITAS BIMBINGAN BELAJAR OLEH GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI HARJOWINANGUN KABUPATEN BLORA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1447/}, abstract={RUSTANTI SETIANINGTYAS NPM 19120062. ?Efektifitas Bimbingan Belajar oleh Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Rendah SD Negeri Harjowinangun Kabupaten Blora?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023 Latar belakang yang mendorong penelitian ini dilakukan adalah rendahnya hasil tes numerasi siswa kelas rendah. Hal tersebut disebabkan karena dampak dari masa pandemic covid-19 dan masa pra pandemic covid-19 (peralihan) yang berpengaruh terhadap sektor dalam dunia pendidikan. Sehingga siswa kurang memahami mata pelajaran yang disampaikan oleh guru terutama kesulitan siswa dalam numerasi. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana efektifitas bimbingan belajar oleh guru dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas rendah SD Negeri Harjowinangun Kabupaten Blora. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas bimbingan belajar oleh guru dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas rendah SD Negeri Harjowinangun Kabupaten Blora. Jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan eksperimen dalam bentuk One?Group Pretest-Posttest Desain. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Harjowinangun Kabupaten Blora dengan sampel penelitian kelas II dan kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil analisis yang telah dilakukan berdasarkan hasil angket atau kuisioner memperoleh presentasi 1,26% perolehan hasil angket kelas II dari 25 pertanyaan dan responden sebanyak 12 siswa. Sedangkan untuk kelas III perolehan presentasi hasil angket sebanyak 77% dari 25 pertanyan dengan responden berjumlah 8 siswa. Serta berdasarkan hasil uji t test diperoleh perhitungan menurut uji Wilcoxon pada kelas II Asym sig 2 failed 0,005 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Sedangkan kelas III uji Paired Sample T?Test memperoleh nilai sig 0,007 < 0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Berdasarkan dari dua data sampel penelitian yaitu data kelas II dan data kelas III terdapat retaan nilai sebelum dan sesudah diberikan perlakukan berbeda, sehingga dapat disimpulkan bimbingan belajar yang dilakukan oleh guru dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar bimbingan belajar oleh guru dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas rendah} }