@thesis{thesis, author={Nisa Salma Khoirun}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN METODE ECOLA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PESERTA DIDIK KELAS XI MA BUSTANUL ULUM PAGERHARJO PATI TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1451/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat adanya pengaruh penggunaan metode ECOLA terhadap kemampuan menulis teks prosedur peserta didik kelas XI MA Bustanul Ulum Pagerharjo Pati tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik tes. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk angka, tabel, diagram, dan deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode ECOLA memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur peserta didik tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung dari hasil pretest dan posttest sebasar 3,701 dan hasil dari t-tabel pretest dan posttest sebesar 2,069. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, karena t-hitung > t-tabel. Jadi berdasarkan perhitungan uji hipotesis di atas dapat dikatakan bahwa penggunaan metode ECOLA berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur peserta didik kelas XI MA Bustanul Ulum Pagerharjo Pati Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : pengaruh, metode, ecola, menulis, prosedur.} }