@thesis{thesis, author={MIRAWATI DIAH}, title ={KEEFEKTIFAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI LIFE SKILLS BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK KELAS III SDN REJOSARI 03 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1462/}, abstract={Diah Mirawati. NPM 19120270. ?Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Life Skills Berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic (STEAM) Untuk Meningkatkan Life Skills Peserta Didik Kelas III SDN Rejosari 03 Semarang?. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Arfilia Wijayanti, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II: Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd.. 2023. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya life skills peserta didik aspek kecakapan personal yang dilihat dari peserta didik malu, diam saja dan merasa bosan dalam pembelajaran serta kurangnya pengembangan LKPD yang mendukung aktivitas belajar peserta didik dengan berorientasi life skills. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Bagaimanakah keefektifan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) berorientasi life skills berbasis STEAM untuk meningkatkan life skills peserta didik kelas III SDN Rejosari 03 ??. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi life skills berbasis STEAM untuk meningkatkan life skills peserta didik Sekolah Dasar kelas III. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yang menerapkan Pre Eksperimental Design dengan bentuk nonquivelent pretest and posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SDN Rejosari 03 Semarang. Sampel yang diambil yaitu kelas IIIA sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui angket/kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data uji paired sampel t test pretest dan posttest kelas eksperimen diketahui Sig. (2-tailed) .000 < 0.05 yang artinya ada perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM. Sedangkan pada pretest dan posttest kelas kontrol diperoleh hasil 0.76 > 0.05 yang artinya tidak ada perbedaan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan penggunaan LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM. Pada uji independent sampel t test posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil Sig. (2-tailed) .000 < 0.05 yang artinya ada perbedaan rata-rata hasil life skills peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM dan kelas kontrol tanpa menggunakan LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM. Angket respon peserta didik terhadap LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM diperoleh hasil 83.43% dengan kategori sangat mudah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM efektif dalam meningkatkan life skills peserta didik karena telah memenuhi kriteria indikator keefektifan yaitu terdapat perbedaan serta peningkatan life skills peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap LKPD berorientasi life skills berbasis STEAM masuk kategori sangat mudah sehingga cocok diterapkan karena dapat meningkatkan life skills peserta didik.} }