@thesis{thesis, author={Yuwono Sareska Dwi Putra}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) KELAS IX UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI DI SMP NEGERI 1 SAPE}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1464/}, abstract={Sareska dwi putra yuwono ?Pengaruh model pembelajaran student teams achievement division dan problem based learning kelas IX untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli di SMP Negeri 1 Sape?, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023 Alasan dilakukannya penelitian ini berawal dari pernyataan guru penjasorkes SMPN 1 Sape bahwa mata pelajaran bola voli masih dikategorikan rendah pada nilai kriteria ketuntasan siswa. Disebabkan, pembelajaran guru bersifat konvensional atau ceramah, dan selain penjelasan serta penyajian materi yang monoton, siswa juga masih banyak melakukan kesalahan saat servis bawah bola voli. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa model pembelajaran student teams achievement division dan model pembelajaran problem based learning pada teknik dasar servis bawah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Sape Bima yang diambil secara random yakni Kelas IX-A, IX-C, terdiri dari putra 25 siswa dan 37 siswi putri dengan jumlah keseluruhannya 62 orang. Berdasarkan hasil analisis data di lapangan menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran dengan student teams achievement division yang diterapkan di kelas IX A dengan rata-rata hasil belajarnya pada pretest 67.3548 dan postest 82.8387 dengan diperoleh hasil Thitung - 20.103. Sedangkan hasil pada Ttabel 2,039 dan Sig.(2-tailed) < (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, 2) Model problem based learning yang diterapkan di kelas IX C diperoleh hasil pretest 68.3548 dan post test 85.1290 dengan hasil Thitung -24.184 dan Ttabel 2,039 dengan Sig. (2-tailed) < (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, 3) Model problem based learning di kelas IX A meningkat sebesar 23% 4) Model problem based learning di kelas IX C meningkat 24%. Simpulan, dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan model student teams achievement division terhadap problem based learning. Saran, dapat diaplikasikan dalam mata pelajaran penjas materi lain secara tepat guna, luwes dan menarik. Kata kunci: STAD, PBL, hasil belajar, bola voli} }