@thesis{thesis, author={WULAN DIAH NAWANG}, title ={ANALISIS KESULITAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENYELESAIKAN MATERI PERKALIAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1465/}, abstract={Diah Nawang Wulan. NPM 19120382. ?Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Materi Perkalian?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum bisa mengerjakan soal perkalian dengan baik, khususnya pada saat menghafal perkalian 1-10. Sehingga peneliti ingin melihat lebih dalam apa kesulitan dalam menyelesaikan perkalian yang dialami oleh siswa dan faktor penyebabnya. Hal ini menjadi daya tarik peneliti untuk mengetahui lebih lanjut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kesulitan yang dialami siswa kelas II di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati dalam menyelesaikan materi perkalian? (2) Apa faktor yang menyebabkan siswa kelas II mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan materi perkalian di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis kesulitan yang dialami siswa kelas II di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati dalam menyelesaikan materi perkalian dan (2) menganalisis faktor yang menyebabkan siswa kelas II mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan materi perkalian di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini bersumber guru dan siswa kelas II SD Negeri Pagendisan. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara guru dan siswa, serta angket yang diberikan kepada siswa. Metode analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan yang dialami siswa kelas II di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati dalam menyelesaikan materi perkalian yaitu kesulitan dalam menghitung perkalian dan pemahaman bahasa matematika yang kurang. (2) Faktor yang menyebabkan siswa kelas II mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan materi perkalian di SD Negeri Pagendisan Kecamatan Winong Kabupaten Pati yaitu faktor internal yang meliputi (a) sikap dalam pembelajaran, (b) minat siswa terhadap pembelajaran, (c) motivasi siswa dalam pembelajaran, dan (d) siswa tidak lancar menulis dan membaca. Faktor eksternal yang meliputi (a) aspek media dan alat penunjang pembelajaran, (b) kurangnya bimbingan dari orang tua, dan (c) kondisi ruang kelas. Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan kepada guru yaitu (1) supaya membiasakan siswa untuk menghafal perkalian secara rutin, (2) sebaiknya guru menjelaskan secara sederhana konsep dasar perkalian agar siswa mampu memahami perkalian, (3) pembelajaran perkalian sebaiknya lebih bervariasi dan menyenangkan agar mudah diterima oleh siswa, (4) guru sebaiknya dapat mengkondisikan kelas agar tidak ramai. Selain saran kepada guru, saran kepada siswa adalah (1) sebaiknya siswa harus banyak belajar dalam menghitung perkalian (2) siswa harus sering latihan soal mengenai perkalian (3) ketika pembelajaran perkalian berlangsung, sebaiknya siswa tidak bermain sendiri (4) mendengarkan penjelasan guru dengan baik (5) siswa harus belajar menghafal perkalian mulai dari angka 1-10.} }