@thesis{thesis, author={Firdaus Maulana Zuhdi}, title ={HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITER DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPA SMA N 1 COMAL}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1466/}, abstract={Penelitian Hubungan Pola Asuh Orang Tua Otoriter dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII IPA di SMA N 1 Comal dilatarbelakangi oleh siswa yang mendapatkan pola asuh orang tua otoriter dan motivasi belajar, Pola asuh orang tua otoriter adalah pola asuh yang menekankan segala aturan. Orang tualah yang memberikan tugas dan menentukan berbagai aturan sehingga anak lebih patuh dan tunduk atas peraturan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam penelitian ini sebanyak 216. Sampel penelitian ini mengambil 5 kelas dari populasi sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 102 orang siswa yang ditentukan oleh teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala pola asuh orang tua otoriter dengan motivasi belajar. Hasil uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai sig. (2 tailed) diperoleh 0,010 < 0,05 maka Ha diterima hal ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan motivasi belajar pada siswa kelas XII SMA N 1 Comal. Diketahui bahwa nilai koefisien korelasi (r) adalah -0,453 dengan taraf negatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan secara signifikan antara pola asuh orang tua otoriter dengan motivasi belajar siswa pada kelas XII IPA SMA N 1 Comal. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Motivasi Belajar} }