@thesis{thesis, author={SUSILASTUTI DIAH}, title ={UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL QUR’AN TERPADU NUR CHAMMAD NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1467/}, abstract={DIAH SUSILASTUTI, NPM 21156022, Judul : ?Upaya Upaya Meningkatkan Kemampuan Bercerita Melalui Buku Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al Qur?an Terpadu Nur Chammad Desa Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar,S.Pi.,M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H.S.Pd.M.Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini bahwa, pentingnya kemampuan bercerita bagi anak usia dini. Berdasarkan pengamatan pendahuluan yang dilakukan penulis di PAUD Al Qur?an Terpadu Nur Chammad kelas Utsman Bin Affan kelompok B ternyata menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada saat guru memberikan apersepsi dan pemberian tugas kepada anak untuk bercerita. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, media yang digunakan adalah buku cerita bergambar, subjek penelitian kemampuan bercerita anak adalah kelompok B kelas Utsman bin Affan PAUD Al Qur?an Terpadu Nur Chammad Desa Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali sebanyak 10 anak. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model siklus, yang dimulai dengan pengamatan prasiklus dengan tiga kali pertemuan, kemudian dilaksanakan tindakan perbaikan pada siklus I dan II, masing-masing siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahapan yaitu (1) membuat rencana tindakan, (2) melaksanakan tindakan , (3) mengadakan pengamatan, (4) refleksi, hasil refleksi menjadi masukan pada perencanaan untuk siklus berikutnya. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa hasil ketuntasan mengalami grafik peningkatan setiap pertemuannya, dimana dapat diketahui bahwa hasil akhir prasiklus sebanyak 0 siswa atau 0 % yang berkembang sangat baik, siklus satu sebanyak 6 anak atau 60% yang berkembang sangat baik, siklus dua mencapai tuntas sebanyak 8 anak atau 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti sampaikan dalam penelitian ini, yaitu bahwa kegiatan bercerita menggunakan buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak dikelompok B Kelas Utsman Bin Affan PAUD Al Qur?an Terpadu Nur Chammad Desa Pandeyan Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali.. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dapat menggunakan buku cerita bergambar dalam pembelajaran bercerita untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak.} }