@thesis{thesis, author={PERMATASARI DIAN AYU}, title ={PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA, PERAN ORANG TUA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI SAMPANGAN 01 SEMARANG KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1472/}, abstract={Dian Ayu Permatasari. NPM 16120205. ?Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Peran Orang tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SD N Sampangan 01 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Sukamto S.Pd., M.Pd. Pembimbing II. Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Juli 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai yang dicapai siswa pada mata pelajaran Matematika dan adanya perbedaan peran orang tua dalam minat belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh tingkat pendidikan orang tua, peran orang tua, dan minat belajar siswa pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, peran orang tua, dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika siswa SD Negeri Sampangan 01 Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah 28 siswa kelas III di SD Negeri Sampangan 01 Kecamatan Gajahmungkur dengan teknik pemilihan sampelnya adalah purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan regresi linear berganda pada aplikasi IBM SPSS for windows v22. Dari hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=20,921 + 0.353X1+ 0,341X2+ 0,378X3 hasil analisis regresi linear berganda terlihat bahwa variabel peran orang tua mempunyai nilai yang lebih besar dalam mempengaruhi hasil yang belajar. Dari hasil uji F diperoleh , Fhitung > Ftabel yaitu 10.070 > 3,01. Dari hasil uji T dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan orang tua, peran orang tua, dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis koefisien determinasi sebesar 0,557 atau 55,7% variabel tingkat pendidikan orang tua, peran orang tua, dan minat belajar dapat menerangkan variasi variabel hasil belajar, sedanghan sisanya 49,8% dipengaruhi diluar variabel penelitian. Hasil kontribusi dari sumbangan efektif dan relatif per variabel tingkat pendidikan orang tua sebesar 21,3%, peran orang tua sebesar 15%, dan minat belajar siswa 19,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan orangtua, peran orang tua, dan minat belajar siswa mata pelajaran matematika berpengaruh pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya orang tua memperhatikan dan mengembangkan sikap belajar anaknya kearah yang lebih baik, dengan selalu membina hubungan yang harmonis dengan anaknya, artinya orang tua harus mengerti dan memahami perbedaan individu maupun potensi yang dimiliki anaknya. Kata kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Peran Orang Tua, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar} }