@thesis{thesis, author={NITATALIA DIAN}, title ={PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1473/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Jepara Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang didukung dengan data kuantitatif (campuran). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes yang berupa observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Penyajian hasil analisis data dilakukan secara formal dan informal. Penerapan model ini terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan berjalan dengan lancar mulai dari salam, doa, presensi, dan apersepsi. Pada kegiatan apersepsi, peserta didik sangat antusias dan aktif dalam mencermati, menganalisis, dan memberikan tanggapan. Kegiatan inti, pendidik membentuk kelompok. Pendidik dapat mengondisikan dan memfasilitasi kegiatan berkelompok dengan baik, sementara peserta didik sangat bersemangat dalam diskusi dan presentasi, sehingga pembelajaran menjadi lebih kondusif. Kegiatan penutup ini dilaksanakan dengan runtut mulai dari memberikan simpulan, refleksi, tes lisan, rencana tindak lanjut, doa bersama, dan salam. Hasil penerapan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran model Project Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMPN 3 Jepara tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini didukung dari hasil pretest sebesar 70,35 mengalami peningkatan ke hasil posttest sebesar 92,5. Selain itu, hasil wawancara dan angket menunjukkan bahwa peserta didik mampu meningkatkan kerja sama antarsesama peserta didik, sehingga pembelajaran di kelas menjadi lebih kondusif. Model tersebut dapat membangkitkan kreativitas peserta didik dalam menulis teks prosedur, sehingga peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan mampu membuat teks prosedur menjadi lebih baik lagi. Hasil observasi juga menunjukkan peserta didik aktif dan antusias selama pembelajaran berlangsung. Kata kunci: model Project Based Learning, penerapan, teks prosedur} }