@thesis{thesis, author={LESTARI DIANA PUJI}, title ={ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE POLYA PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD NEGERI 1 DOPLANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1478/}, abstract={DIANA PUJI LESTARI. NPM 18120077. ?Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dengan Metode Polya Pada Materi Pecahan Kelas V SD Negeri 1 Doplang?. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I: Prof. Dr. A. Y. Soegeng. Ysh., M. Pd. Dosen Pembimbing II: Dr. Joko Sulianto, S. Pd., M. Pd. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah dalam pembelajaran pemecahan masalah matematika siswa masih belum mampu dalam mengerjakan soal pemecahan masalah dengan baik. Permasalahan pada penelitian ini adalah memecahkan masalah matematika dengan metode Polya kelas V SD Negeri 01 Doplang siswa kelas V SDN 1 Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora dalam materi pecahan dan faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam memecahkan masalah matematika materi pecahan pada siswa kelas V SDN 1 Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja kesulitan belajar dalam pemecahan masalah matematika dengan metode Polya materi pecahan yang dialami oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Doplang dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar dalam pemecahan masalah matematika dengan metode Polya pada materi pecahan siswa kelas V SD Negeri 1 Doplang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan, metode tes, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Hasil penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Doplang Kecamatan Jati Kabupaten Blora yang berjumlah 26 siswa, yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Dalam penelitian terdapat beberapa temuan yaitu: Kesulitan belajar siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan metode polya pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Doplang memiliki skor pada aspek memahami masalah sebanyak 287 (11%), membuat rencana memiliki skor sebanyak 283 (10,8%), melaksanakan rencana memiliki skor sebanyak 516 (19,8%) dan mengecek kembali jawaban memiliki skor sebanyak 166 (6,3%). Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar dalam memecahkan masalah matematika dengan metode polya pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Doplang yaitu terdiri dari faktor fisik, faktor motivasi dan sikap, faktor lingkungan, faktor variasi guru mengajar, dan faktor sarana prasarana di sekolah. Saran yang disampaikan yaitu kepada guru untuk bisa lebih memahami kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika materi operasi hitung pembagian. Saran kepada siswa yaitu lebih teliti dan memahami dalam mengerjakan soal agar tidak keliru atau salah dalam mengerjakan soal, dari kesalahan yang dialami siswa dapat menjadikan pelajaran agar lebih baik dari sebelumnya.} }