@thesis{thesis, author={Pamukti Satria Putra}, title ={PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KESELURUHAN DAN BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS PADA MATERI SEPAK TAKRAW DI SMP NEGERI 05 ADIWERNA}, year={2020}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1481/}, abstract={Satria Putra Pamukti ?Pengaruh metode pembelajaran keseluruhan dan bagian terhadap hasil belajar penjas pada materi sepak takraw di smp negeri 05 adiwerna?. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan anak terhadap teknik dasar sepak takraw terutama sepak sila sebagian anak masih banyak yang belum bisa melakukan sepak sila dikarenakan kelas VII baru mengenal pembelajaran sepak takraw. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Kuantitatif Dengan Rancangan Pretest?Posttest Control Group Design.Tehnik Pengambilan Sampel Dilakukan Dengan Cara Tehnik Sampling Purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peserta didik SMP N 05 ADIWERNA yang berjumlah 32siswa, terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. tehnik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji-t dengan bantuan software SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar sepak sila melalui metode pembelajaran keseluruhan dan bagian pada siswa kelas VII A,D dan G, diketahui bahwa nilai Sig. kelas VII A dan D = 0,193, nilai Sig. > ? (0,193 > 0,05) dan nilai Sig. Kelas VII A dan G = 0,085, nilai Sig. > ? (0,085 > 0,05) maka data dikatakan homogen. Karena varian kedua variel tidak homogen maka pada uji t diketahui nilai Sig. (2 ? tailed) = 0,002 yang mana nilai Sig. jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sepak sila pada kelas VIII D dan G yang diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran keseluruhan dan bagian yang lebih signifikan jika dibandingkan dengan menggunakan sepak sila yang belum diberi perlakuan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode pembelajaran keseluruhan dan bagian, Sepak takraw sepak sila} }