@thesis{thesis, author={SAPUTRA DIMAS FAJAR}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SI PEMENANG“ MENGGUNAKAN SOFTWARE ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID PADA MATERI RENANG PJOK}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1494/}, abstract={Dimas Fajar Saputra. ?Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif ?Si Pemenang? Menggunakan Software Articulate Storyline 3 Berbasis Android Pada Materi Renang PJOK?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan . Universitas PGRI Semarang 2023. Penelitian ini dilatar belakangi dikarenakan siswa merasa KBM yang dilakukan tidak interaktif dan hanya menggunakan bahan ajar LKS yang terkadang siswa mengalami kesusahan dalam melihat gambar materi teori renang belum adanya penggunaan media interaktif berbasis android di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran menggunakan Software Articulate Storyline 3 berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE, Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian dikembangkan dan di uji cobakan kelayakan produk kepada Guru dan 30 siswa kelas VIII MTS N 03 Brebes. Hasil analisis data melalui deskriptif presentase menunjukkan angket ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 95% dan 83,25% dengan kategori sangat baik digunakan tanpa revisi. Hasil analisis angket respon guru adalah 87% dengan kategori ?Sangat layak?. Hasil analisis keefektifan siswa adalah 100% dengan kategori ?Sangat positif?. Hasil analisis efisiensi produk dari hasil uji validasi ahli materi 95%, media 83,25% dan hasil angket siswa 90% dinyakatakn ?Efisien?. Hasil performa produk dalam aspek tampilan dinyatakan ?Sangat layak? dengan presentase 88,23% untuk aspek isi/materi sangat telah divalidasi ahli materi dengan kategori ?Sangat layak? 92%. Sedangkan untuk analisis kepraktisan siswa adalah 90% dengan kategori ?Sangat layak digunakan?. Berdasarkan penjelasan di atas maka penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif ?Si Pemenang? menggunakan Software Articulate Storyline 3 Berbasis Android Pada Materi Renang PJOK layak digunakan oleh siswa karena mendapat presentase dari guru PJOK sebesar 87% dalam kategori ?Sangat layak?. Sehingga bagi guru dan siswa dapat menjadikan aplikasi ini sebagai media interaktif dalam proses pembelajaran materi renang yang mudah dan praktis, serta bagi peniliti yang ingin mengembangkan aplikasi Si Pemenang agar lebih berfariatif terkhusus ataupun secara luas dalam penjelasanya. Kata Kunci: Pengembangan, Si Pemenang, Articulate Storyline 3, Android} }