@thesis{thesis, author={RAMADHANI DINA NURIYAH}, title ={IMPLEMENTASI METODE K-MEANS PADA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN KERUSAKAN JALAN DI DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN JEPARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1500/}, abstract={Kabupaten Jepara adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak sarana transportasi darat terutama jalan. Di Kabupaten Jepara masih terdapat banyak jalan yang rusak dan belum diperbaiki. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) memiliki tugas yaitu membangun sarana dan prasarana dibidang infrastruktur dan penataan ruang. Sehubung dengan tugas tersebut, maka DPUPR melakukan survey untuk mengetahui kondisi jalan yang kemudian diolah dengan memanfaatkan Ms. Excel. Namun berdasarkan sistem yang ada, hanya terdapat data dalam bentuk tulisan dan gambar survei dan belum terdapat sistem pemetaan kerusakan jalan yang dapat memonitoring serta memperlihatkan digitalisasi peta guna mengetahui letak dan tingkat kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Jepara. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka dirancang dan dibuat Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kerusakan Jalan (SIPEKA) berbasis Website dengan mengimplementasikan metode K-Means. Penggunaan metode K-Means pada website ini bertujuan untuk dapat mengelompokkan tingkat kerusakan jalan di Kabupaten Jepara menjadi 3 kelompok (cluster) yaitu tingkat kerusakan ringan, sedang, dan berat. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk merancang, membuat, mengimplementasikan, serta melakukan pengujian terhadap Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kerusakan Jalan (SIPEKA). Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Sistem dibuat menggunakan pemrograman PHP, Framework CodeIgniter dan pembuatan digitalisasi peta menggunakan OpenStreetMap dan Database MySQL. Dalam implementasi metode k-means diperoleh 235 jalan rusak ringan, 53 rusak berat, dan 66 rusak berat. Pengujian sistem menggunakan black box dan white box. Berdasarkan pengujian black box menunjukkan keberhasilan 100%, sedangkan pengujian white box menghasilkan persentase 100% dengan kompleksitas yang dihasilkan 2 menunjukkan bahwa sistem ini memenuhi kriteria dan layak untuk digunakan. Kata kunci: DPUPR, Jalan, K-Means, Kerusakan, Pemetaan} }