@thesis{thesis, author={Tyas Dinda Ari Margahayuning}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA POLA BILANGAN BERDASARKAN TAHAPAN POLYA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1504/}, abstract={Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu hal yang penting dalam matematika. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan ditinjau dari kemampuan penalaran matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Plantungan tahun ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas VIII dengan tes kemampuan penalaran matematis, kemudian diambil dua siswa dengan kemampuan penalaran matematis tinggi, dua siswa dengan kemampuan penalaran matematis sedang, dan dua siswa dengan kemampuan penalaran matematis rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis tinggi dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan mampu memenuhi indikator yang ada pada keempat tahapan pemecahan masalah matematika , yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan masalah, (2) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis sedang dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan sudah melaksanakan tahap memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah, akan tetapi belum melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah, (3) Subjek dengan kemampuan penalaran matematis rendah dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan sudah melaksanakan tahap memahami masalah, akan tetapi belum melaksanakan tahap merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali pemecahan masalah, (4) Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yaitu pengalaman, kemampuan memahami masalah, dan kecerdasan logis matematis. Kata Kunci : Kemampuan pemecahan masalah; Polya; Penalaran Matematis} }