@thesis{thesis, author={ARIANTININGSIH SITI}, title ={PENGARUH PERMAINAN PESAN BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA 4-5 TAHUN TK ISLAMSUL TANAGUNG 02 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1505/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih banyak dijumpai pada anak kelompok A yang masih belum cukup mampu menyimak secara aktif. Hal itu terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung diantaranya anak belum mampu memusatkan perhatiannya, anak lebih banyak bersenda gurau, anak masih suka mengganggu dan mengambil barang yang bukan miliknya, anak masih suka berjalan-jalan ke tempat duduk temannya. Permainan pesan berantai adalah suatu kegiatan bermain yang mampu meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode permainan pesan berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode permainan pesan berantai berpengaruh terhadap kemampuan bahasa reseptif anak usia 4-5 tahun di TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental design dalam bentuk nonequiivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A TK Islam Sultan Agung 02 Semarang. Yaitu kelompok A1 yang terdiri 13 anak dan Kelompok A3 yang terdiri 12 anak. Hasil penelitian menunjukkan Data akhir kemampuan bahasa reseptif yang diperoleh menunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata menjadi 27,15. Sedangkan di kelas kontrol rata-rata data akhir sebesar 21,46. Dari kedua data tersebut kenaikan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada di kelas kontrol. Kenaikan rata-rata data akhir di kelas eksperimen menunjukkan bahwa metode permainan pesan berantai mampu mempengaruhi kemampuan bahasa reseptif anak. Hasil uji t terhadap data awal dan data akhir dengan nilai Sig. (2-Tiled) 0.005 < 0.05 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh metode bermain pesan berantai terhadap kemampuan bahasa reseptif anak. Kata kunci : Kemampuan bahasa reseptif, Permainan pesan berantai} }