@thesis{thesis, author={Saifudin Ananda Lukman}, title ={ANALISIS KINERJA DAN BIAYA KEMACETAN PADA RUAS JALAN NGEMPLAK SIMONGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/151/}, abstract={Kemacetan lalu lintas disebabkan oleh ketidakseimbangan antara peningkatan kepemilikan kendaraan dan pertumbuhan prasarana jalan yang tersedia serta kapasitas efektif ruas jalan yang ada lebih kecil dari kapasitas jalan yang direncanakan akibat adanya hambatan di tepi jalan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kinerja dan biaya kemacetan pada ruas jalan NgemplakSimongan yang diakibatkan oleh adanya pengaruh aktivitas pabrik. Jenis metodepenelitian yang dipilih adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis didapatkan hasil tingkat pelayanan pada arah utara dan Selatan berada di tingkat E yang mana artinya volume lalu lintas mendekati atau berada pada kapasitasnya, arus lalu lintas tidak stabil dan sering berhenti (0,85-1,00). Waktu tempuh yang lebih lama yang pada akhirnya menimbulkan biaya eksternal (external cost) berupa penambahan biaya operasional kendaraan (BOK). BesaranBOK dapat diketahuio dengan menghitung biaya bahan bakar, biaya oli, biaya suku cadang, biaya upah tenaga pemelliharaan, biaya konsumsi ban. PerhitunganBOK dilakukan dua kali di kecepatan ideal dan kecepatan eksisting. Biayakemacetan dapat diketahui dari selisih BOK kecepatan ideal dan kecepatan eksisting. Didapat biaya kerugian akibat kemacetan perhari sebesar 1.844,7/0,4 ? Rp.4.611,75 per kendaraan pribadi. Kata kunci : factor ? factor penyebab kemacetan, kinerja ruas jalan, biaya kemacetan} }