@thesis{thesis, author={Santoso Edy}, title ={Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Materi Statistika}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1536/}, abstract={Kemampuan berpikir kritis siswa saat ini masih tergolong rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan e- modul berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa materi statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan e-modul berbasis problem based learning yang layak dan praktis digunakan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP materi statistika, dan mengetahui efektivitas e-modul berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP materi statistika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode ADDIE dengan desain the non-equivalent control grup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi kevalidan e- modul berdasarkan ahli yang meliputi validasi media sebesar 85,33%, validasi materi sebesar 90%, validasi aspek PBL sebesar 88%, validasi aspek kemampuan berpikir kritis sebesar 85%, dan validasi bahasa sebesar 86,67%. Dari keseluruhan hasil validasi tersebut, e-modul yang dikembangkan valid berkategori sangat baik. Nilai rata-rata angket respon peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan mencapai nilai 79.83%. Hal ini menunjukkan bahwa nilai 79.83% berkategori praktis dalam digunakan di pembelajaran. Penggunaan bahan ajar e-modul berbasis problem based learning efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh angket respon peserta didik, aktivitas belajar siswa, dan terdapat perbedaan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yang signifikan. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Bahan Ajar, E-modul.} }