@thesis{thesis, author={ERLANGGA EKA DWI}, title ={IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BUFF BERBASIS STEAM (SAINS, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1539/}, abstract={EKA DWI ERLANGGA NPM 19120229 ?Implementasi Media Pembelajaran Buff Berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa?. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini 1) Pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang menggunakan media berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic). 2) Pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi media pembelajaran BUFF berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) terhadap motivasi belajar pada siswa SDN Sumbergayam? 2) Bagaimana implementasi media pembelajaran BUFF berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) terhadap prestasi belajar pada siswa SDN Sumbergayam?. Tujuan yang dituju oleh peneilitian ini adalah Mendeskripsikan dan mengetahui implementasi media pembelajaran BUFF berbasis STEAM (Sains, Technology, Engeneering, Art, And Mathematic) terhadap motivasi dan prestasi belajar pada siswa SDN Sumbergayam. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pres test ? post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Sumbergayam tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 19 siswa kelas 1. Data yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dari hasil Wawancara, Angket, dan Observasi. Hasil analisis data motivasi dan prestasi belajar siswa dalam uji paired samples t ? test diperoleh nilai signifikan (2-tailed) > 0, 05 dan nilai signifikan (2- tailed) < 0, 05. Pada Uji N - Gain Score motivasi belajar diperoleh rata ? rata 0, 2315 dan pada prestasi belajar diperoleh rata ? rata 0, 4889. Kesimpulan dari hasil uji bahwa bahwa variabel Y1 dikategorikan rendah. Berdasarkan hasil uji N ? Gain variabel Y2 (Pestasi Belajar) menunjukkan bahwa nilai rata ? rata yang diperoleh dari varibel Y2 adalah 0, 4889 yang diartikan bahwa variabel motivasi belajar tidak ada perubahan yang siginifikan dan pada variabel prestasi belajar dikategorikan sedang. Media Pembelejaran Buff berbasis STEAM efektif dengan kategori sedang digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran buff berbasis STEAM dapat menjadi bantuan untuk pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menjadi terobosan baru dalam pembelajaran.} }