@thesis{thesis, author={Sobirin Sobirin}, title ={PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI METODE BIMBINGAN INTENSIF BAGI KELAS VI SEMESTER II DI SD NEGERI 01 PONOLAWEN KECAMATAN KESESI KABUPATEN PEKALONGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1543/}, abstract={Keterampilan penulisan surat resmi oleh siswa yang lemah menjadi akibat atas waktu pembelajaran yang dialokasikan untuk menulis cenderung sedikit. Sehingga mengakibatkan kurang maksimalnya keterampilan menulis siswa. Dalam pembelajaran menulis siswa, pengetahuan dan pengalaman yang didapat masih kurang. Setelah jenjang sekolah berhasil ditamatkan, terdapat kekhawatiran siswa belum memiliki kemampuan terhadap penggunaan bahasa guna keterampilan menulis yang benar dan tepat. Pada pembelajaran menulis, siswa kurang mendapat pemahaman hakikat menulis, saat mendapat kesempatan menulis surat resmi, mutu tulisan cenderung tidak dipentingkan oleh siswa, termasuk bahasa yang digunakan akibat terlalu fokus pada sistematika penulisan surat resmi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 01 Ponolawen dengan jumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui instrumen penelitian dengan menggunakan lembar soal dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Dengan penilaian yang dilakukan oleh observer rata-rata penilaian 2,00 dengan persentase 50%. Perbaikan keterampilan guru pada siklus II sudah menunjukan hal yang positif dengan ditandai dengan meningkatnya skor keterampilan guru dibanding dengan siklus I dan sudah mendapatkan kriteria baik. Hasil penilaian aktivitas siswa untuk siklus I diperoleh jumlah nilai 286 rata rata penilaian 11,00 dengan kriteria cukup. Sedangkan penilaian aktivitas siswa siklus II memperoleh nilai 456 dengan rata-rata penilaian 17,53 dengan kriteria baik. Hal ini dapat dilihat bahwa ter jadi kenaikan dari siklus I sampai siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik simpulan keterampilan guru dalam pembelajaran meningkat dilihat dari silklus I memperoleh 50 % dan dalam siklus II meningkat menjadi 87,5 % Dengan Metode Bimbingan Intensif dapat meningkatkan keterampilan Menulis surat Resmi pada pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 01 Ponolawen. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pembelajaran siklus I dengan persentase ketuntasan belajar 73,62 % menjadi 92,29% pada persentase ketuntasan pembelajaran siklus II. Saran yang dapat disampaikan peneliti hendaknya guru selalu meningkatkan keprofesionalnya untuk mengantisipasi perkembangan zaman, yang semakin rumit dan komplek dalam dunia pendidikan.} }