@thesis{thesis, author={CANDRA ELISA YULINA}, title ={ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TK Hj ZUMRONAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI ERA PANDEMI COVID-19}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1551/}, abstract={ELISA YULINA CANDRA. NPM 16150019 ?ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TK Hj ZUMRONAH MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DI ERA PANDEMI COVID- 19. Skripsi Program Studi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2023. Latar Belakang masih banyak orang tua yang kurang senang nak-anaknya belajar menggunakan pembelajaran daring. Minat anak-anak dalam pembejaran online ini sangat sedikit. Orang tua lebih senang tatapan muka karena anak bisa paham materia apa aja yang diberikan oleh guru. Anak juga mengikuti apa yang diajarkan oleh gurunya. Fokus penelitian Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka permasalahan penelitian focus kepada ?Mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa TK Hj Zumronah melalui pembelajaran daring di era pandemic covid-19. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah guru, orangtua siswa TK Hj Zumronah. Teknik pengumpulan dana melalui observasi, wawancara, dokumentasi dari trigulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran yang digunakan yaitu daring, luring dan bisa campuran, atau bisa disebut blended learning. Faktor pendukung strategi pembelajaran daring yaitu lebih bisa memanfaatkan teknologi, orangtua bisa dekat dengan anak, untuk menyampaikan pesan atau menerima informasi. Untuk faktor pendukung strategi pembelajaran luring yaitu terbukanya sistem pembelajaran secara langsung pada zona kuning dan hijau. Faktor penghambat penggunaan strategi pembelajaran daring yaitu tidak memiliki hp, kuota internet dan jaringan internet yang lemot.} }