@thesis{thesis, author={SINGGIH MAULIDA SUKMAWATI}, title ={SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENDETEKSI KECEMASAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS) BERBASIS WEB}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1553/}, abstract={Semua manusia memiliki hak yang sama untuk menenpuh jenjang perndidikan, termasuk anak berkebutuhan khusus. SLB-C, D YPAC Semarang merupakan salah satu lembaga pendidikan khusus bagi yang memiliki kelainan khususnya keterbelakangan mental salah satunya yaitu tunadaksa. Tunadaksa adalah anak yang mengalami kelainan atau cacat pada anggota tubuhnya (tulang, sendi, otot) sehingga diperlukan pelayanan pendidikan khusus. Pada aspek akademis, anak tunadaksa sama halnya dengan anak normal lainnya. Selama masa belajar mereka juga memiliki kecemasan sehingga dapat mengakibatkan kepercayaan dirinya. Kecemasan adalah kondisi psikologis seseorang yang berhubungan dengan perasaan akan terancam serta ketakutan yang tidak pasti dimasa mendatang dalam berfikiran hal yang buruk. Kecemasan yang meningkat cenderung mengakibatkan kepercayaan diri siswa menurun. Penelitian ini dilakukan dengan konsep sistem pendukung keputusan mendeteksi kecemasan belajar siswa terhadap kepercayaan diri menggunakan metode AHP. Terdapat 3 kriteria yang pada perhitungan AHP ini adalah gelisah, berkeringat banyak, dan kegugupan. Adapun alternatifnya yaitu mata pelajaran, program khusus, dan pengembangan diri. Hasil akhir yang diperoleh pada proses perhitungan menggunakan metode AHP diperoleh tingkat kecemasan siswa sehingga mempengaruhi kepercayaan dirinya, peringkat pertama yaitu ada pada mata pelajaran, peringkat kedua ada pada program khusus, dan peringkat ketiga ada pada pengembangan diri. Kata kunci: Kecemasan, AHP, Sistem Pendukung Keputusan, Kepercayaan Diri} }