@thesis{thesis, author={Irmawati HS Elyza}, title ={PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1559/}, abstract={Kemampuan berpikir kreatif perlu dikembangkan karena suatu keterampilan yang harus dikuasai. Namun, kenyataanya kemampuan berpikir kreatif masih rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 35 Semarang pada tanggal 25 mei ? 20 juni 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan e-modul statistika berbasis realistic mathematic education dilakukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media berorientasi pada kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data ini adalah teknik analisis statistic deskripstif yang terdiri dari analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Dari hasil validasi yang telah dihitung yaitu menunjukan validasi ahli media 93% dan validasi ahli materi 97,5% dengan kualifikasi sangat baik artinya e-modul layak atau valid digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil uji coba yang dilakukan penggunaan e-modul efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari ketuntasan hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa 75%, dan hasil dari kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol selain itu dilihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dari hasil uji N Gain. Kata kunci: E-modul, RME, Berpikir kreatif} }