@thesis{thesis, author={MELIYANTI ERLINA}, title ={PENGUATAN KARAKTER KREATIF SISWA KELAS 5 MELALUI PENDIDIKAN SENI DI SDN TAMBAKREJO 01 KOTA SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1571/}, abstract={Erlina Meliyanti. NPM 19120407. ?Penguatan Karakter Kreatif Siswa Kelas 5 Melalui Pendidikan Seni di SDN Tambakrejo 01?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd dan Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. Mei. 2023. Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah pentingnya karakter kreatif dibentuk sedari dini sebab anak usia SD merupakan masa keemasan berekspresi kreatif. Karakter kreatif dapat dibelajarkan melalui pendidikan seni karena dalam pendidikan seni anak dibebaskan untuk mengekspresikan apa yang ada dalam jiwanya baik melalui gambar, kegiatan menyanyi ataupun gerakan-gerakan tarian. Bebas berekspresi membuat anak dapat mengembangkan apa yang ada dalam dirinya, kreativitas anak untuk menciptakan sesuatu juga semakin berkembang. Fokus penelitian ini dapat dirumuskan ?Bagaimana penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui pembelajaran intrakurikuler seni?? dan ?Bagaimana penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui kegiatan ekstrakurikuler seni?? Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui proses kegiatan penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui pembelajaran intrakurikuler seni di sekolah dan mengetahui proses penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui kegiatan ekstrakurikuler seni di sekolah. Jenis penelitian kualitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas 5 beserta guru, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian pelaksanaan penguatan karakter kreatif siswa kelas 5 melalui pendidikan seni meliputi dua kegiatan yaitu intrakulikuler dan ekstrakurikuler. Pada kegiatan intrakurikuler karakter kreatif peserta didik tampak ketika peserta didik mampu untuk berpikir aktif dan juga kreatif dalam setiap kegiatan baik kegiatan individu maupun berkelompok seperti mengubah lirik lagu menjadi materi pelajaran. Sedangkan pada kegiatan ekstrakurikuler karakter kreatif tampak ketika peserta didik dapat mengembangkan minat dan bakat sesuai bidangnya sehingga siswa dapat mengekspresikan dirinya dengan sepenuh hati seperti siswa dibebaskan untuk membuat gerakan tari sendiri. Karakter kreatif sangat penting dimiliki peserta didik sebagai dasar untuk mengolah diri selalu menjadi pribadi yang dinamis dan inovatif alangkah lebih baik jika semakin ditingkatkan. Kata kunci: karakter, kreatif, seni, pendidikan seni, pendidikan karakter} }