@thesis{thesis, author={MAHMUDAH EVA ARIFATUL}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS 5 SD N GAYAMSARI 02 KOTA SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1574/}, abstract={EVA ARIFATUL MAHMUDAH. NPM 19120304. ?Pengembangan Media Komik Berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I: Khusnul Fajriyah, S.Pd., M. Pd. dan Dosen Pembimbing II: Moh. Aniq Khairul Basyar, S.Pd., M.Hum. Juli. 2023. Karakter kemandirian belajar siswa kelas 5A SD N Gayamsari 02 masih belum sepenuhnya tercapai. Peningkatan karakter kemandirian belajar dibutuhkan media komik untuk menyalurkan pesan dan mendorong siswa untuk mandiri dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : 1.) Bagaimana pengembangan media komik berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD N Gayamsari 02?, 2.) Bagaimana kelayakan media komik berbasis Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD N Gayamsari 02?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan kepraktisan media komik Profil Pelajar Pancasila untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas 5 SD N Gayamsari 02. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 5A SD Negeri Gayamsari 02 Kota Semarang. Untuk mengukur tingkat kelayakan produk komik tersebut maka dapat dilakukan tahap validasi dari ahli uji media dan ahli uji materi. Untuk mengukur tingkat kepraktisan produk komik tersebut maka dapat dilakukan tahap uji lapangan melalui angket respon siswa dan angket respon guru kelas.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik Profil Pelajar Pancasila dinyatakan valid dengan hasil validasi oleh ahli media sebesar 85,4%, hasil validasi oleh ahli materi sebesar 86,6%, dan validasi dari praktisi memperoleh hasil 97,2% dan 91,6%. Media Komik Profil Pelajar Pancasila mendapat respon yang sangat baik dari siswa dan guru kelas yang mana dapat dilihat dari hasil presentase respon guru terhadap media yang telah dikembangkan adalah 98% dan hasil presentase respon siswa terhadap media yang telah dikembangkan adalah sebesar 90,5%. Respon terhadap aspek kemandirian dari siswa memperoleh nilai presentase 84,92%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa media komik layak dan praktis untuk digunakan dalam meningkatkan karakter kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya media Komik Profil Pelajar Pancasila dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan karakter kemandirian belajar siswa.} }