@thesis{thesis, author={ASMORO FABRI}, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PERMAINAN LONCAT KATAK BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KLEPU 02}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1576/}, abstract={Fabri Asmoro. ?Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan Loncat Katak bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Klepu 02?. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran menggunakan pendekatan loncat katak melewati kardus dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan lompat jauh pada siswa?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa melalui pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan loncat katak melewati kardus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Klepu 02 Kec. Pringapus, penelitian ini melibatkan semua siswa kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penilaian pengamatan sikap keaktifan siswa, penilaian ketuntasan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Bahwa penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Penelitian tindakan kelas merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran Hasil pengamatan proses pembelajaran yang kaitannya dengan sikap aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, yaitu siklus 1 hasil prosentase sebesar 62,50% dan siklus II hasil prosentase sebesar 87,50%, ini ada peningkatan sebesar 25,00%. Berdasarkan perbandingan hasil yang dicapai antara siklus I dan siklus II, secara keseluruhan nilai yang diperoleh untuk setiap aspek terdapat peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan loncat katak melewati kardus mampu meningkatkan keterampilan siswa. Sedangkan saran dalam penelitian ini adalah siswa diharapkan untuk meningkatkan semangat belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dan juga guru diharapkan lebih inovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan menyenangkan. Kata Kunci : Hasil Pembelajaran, lompat jauh, pendekatan metode loncat katak melewati kardus} }