@thesis{thesis, author={Aini Sindi Nur}, title ={PENGEMBANGAN DIGITAL BOOK DENGAN PENDEKATAN PJBL STEM BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1577/}, abstract={Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam menjawab tantangan global abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan digital book untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE yang memuat enam tahapan yaitu Analyze Learner, State Standars and Objectives, Select Strategis, Technology, Media and Materials , Utilize Resources, Require Learner Participation, Evaluate and Revise. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 2 Randublatung Kabupaten Blora. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) digital book berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika valid untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis SMP dengan persentase 83,75% dan berkategori ?sangat baik?. (2) digital book berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika praktis digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dengan persentase 88% dan berkategori ?sangat baik?. (3) digital book berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena memenuhi ketiga kriteria efektif yaitu ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 83%, rerata hasil posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol serta meningkatnya motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa digital book berbasis PjBL STEM dengan pendekatan etnomatematika valid, praktis serta efektif untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi teorema Pythagoras. Kata kunci: Pengembangan, digital book, Berpikir Kritis, PjBL STEM, Etnomatematika} }