@thesis{thesis, author={RISTANTI FABRYAN PRAHARA DWI}, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD N 1 SUMBERJO REMBANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1578/}, abstract={FABRYAN PRAHARA DWI RISTANTI, NPM 16120296. ?Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas III SD N 1 Sumberjo Rembang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universiras PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang 2023. Pembimbing I Dr. Ary Susatyo N, S.Si., M.Si. dan Pembimbing II Ferina Agstini, S.Pd., M.Pd Penerapan pembelajaran tematik masih belum efektif karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik digunakan model-model pembelajaran salah satunya ialah model pembelajaran kooperatif atau Cooperative Learning. Pembelajaran kooperatif merujuk pada berbagai macam metode pengajaran diamana para peserta didik bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match dapat mempengaruhi hasil belajar tematik peserta didikkelas III SD N 1 Sumberjo Rembang?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD N 1 Sumberjo Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra Experimental Desain dengan bentuk desain one-group Pretes-Posttes desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III SD N 1 Sumberjo Rembang dengan jumlah 27 peserta didik teridiri dari 13 Laki-laki dan 14 Perempuan. . Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampling Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan tes. Hasil penghitungan uji hipotesis atau uji t menunjukkan bahwa harga thitung adalah sebesar 11,74 yang ternyata lebih besar dari harga ttabel taraf signifikan 5% sebesar 2,06 dan 1% sebesar 2,79. Dengan demikian H? diterima, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Tematik peserta didik kelas III SD N 1 Sumberjo Rembang. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match efektif digunakaan untuk belajar pembelajaran tematik peserta didik kelas III SD N 1 Sumberjo Rembang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diampaikan yaitu guru menggunakan pedoman model dan media dalam pembelajaran salah satunya model pembelajaran Make A Match dalam upaya memperbaiki hasil belajar peserta didik dan memfasilitasi dalam mengembangkan kemampuan peserta didik. Kata kunci : Hasil Belajar, Make A Match, Pembelajaran Tematik} }