@thesis{thesis, author={Firdaus Fadlulloh}, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SENAM LANTAI SIKAP KAYANG PADA KELAS VII SMP NEGERI 3 BUMIJAWA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1583/}, abstract={Fadlulloh Firdaus, ?Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Teaching Games For Understanding Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Sikap Kayang pada kelas VII SMP Negeri 3 Bumijawa?, Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Imu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilakukan karena adanya temuan masalah yaitu rata-rata hasil belajar siswa secara keseluruhan masih dibawah kkm, dalam materi senam lantai sikap kayang pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Teaching Games For Understanding (TGFU) terhadap hasil belajar kognitif siswa, siswa SMP Negeri 3 Bumijawa kelas VII semester dua tahun pelajaran 2022/2023, dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa dengan persentase sebesar 17,64%. Model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa dengan persentase sebesar 11,81%.Berdasarkan besarnya persentase peningkatan rata-rata hasil belajar senam lantai sikap kayang siswa kelas VII SMPN 3 Bumijawa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dan efektif daripada model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGFU) Kata kunci : Model Pembelajaran PBL, dan TGFU, Hasil belajar aspek kognitif, sikap kayang} }