@thesis{thesis, author={Andriyani Siska}, title ={ANALISIS PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PERSIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MASA NEW NORMAL KELAS V SDN BANTENG KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1589/}, abstract={Siska Andriyani. NPM 16120478. ?Analisis Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Pada Masa New Normal Kelas V SDN Banteng Kecamatan Tersono Kabupaten Batang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan dalam menyesuaikan kegiatan pembelajaran seperti semula, Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas tidak dapat berjalan dengan lancar sebagai dampak pelaksanaan pembelajaran daring. Dampak negatif yang ditimbulkan tersebut menjadi permasalahan baru bagi pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan sekolah yakni kurangnya sikap mandiri siswa, kurangnya sikap aktif, siswa kurang percaya diri, siswa tidak disiplin karena siswa belum memiliki ketertarikan dengan pembelajaran tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dan guru dalam persiapan pembelajaran tatap muka pada masa new normal kelas V SDN Banteng Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi Kelas V SDN Banteng Kecamatan Tersono Kabupaten Batang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas V SDN Banteng pada masa new normal adalah sebagai pendidik, sebagai motivator, sebagai fasilitator, juga sebagai pembimbing. 2)Peran guru dalam kegiatan pembelajaran siswa kelas V SDN Banteng pada masa new normal adalah sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, motivator, dinamisator, evaluator dan fasilitator. 3) Dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka pada masa new normal siswa kelas V SDN Banteng telah menunjukkan beberapa sikap yang positif yakni disiplin, bertanggung jawab, aktif, mandiri dan peduli. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah orang tua dan guru dapat memaksimalkan perannya masing-masing sehingga dukungan melalui perannya tersebut juga dapat meningkatkan keberhasilan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kata Kunci: Peran, orang tua, guru, pembelajaran} }