@thesis{thesis, author={Sutoki Farin}, title ={ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN METODE INKLUSI DAN RESIPROKAL PADA SISWA SDN 1 JATILAWANG WONOSAMODRO BOYOLALI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1593/}, abstract={Farin Sutoki. ?Analisis Hasil Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Inklusi dan Resiprokal Pada Siswa SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023. Dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pembelajaran permainan bola voli, mayoritas guru secara penuh memberikan instruksi dan penjelasan dalam proses pembelajarannya, sehingga siswa lebih banyak mengikuti apa yang diperintahkan oleh guru menyebabkan keaktifan dan kreativitas siswa menjadi terbatas. Ketika proses pembelajaran berlangsung siswa cenderung pasif dan sering mengeluh dalam melakukan berbagai kombinasi teknik dasar bola voli tersebut. Penelitian ini dimaksudkan untuk pengaruh gaya mengajar resiprokal dan inklusi yang dapat diterapkan oleh guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran sebagai metode yang efektif dan efisien khususnya dalam meningkatkan keterampilan bermain bola voli siswa. Dalam penelitian menggunakan penelitian eksperimen two group pre test postest design dengan kelompok resiprokal dan inklusi diberi pre-test untuk mengetahui keadaan awal. Setelah diketahui bahwa kedua kelas tersebut sama/homogen kemudian masih-masing diberi metode resiprokal dan inklusi. Penelitian dilakukan di SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali pada 2 kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali, dan sampel penelitianya adalah siswa kelas V sejumlah 16 siswa dan VI sejumlah 16 siswa di SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali. Berdasarkan hasil penelitian pre-test dan post-test pada kelompok resiprokal dan kelompok inklusi. Pembelajaran Resiprokal memiliki perbedaan rata-rata sebanyak 31,08% dan Inklusi memiliki perbedaan rata-rata sebanyak 32,48%. Kedua kelompok atau kedua metode pembelajran yang diberikan mempengaruhi keterampilan passing bawah siswa SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali. Simpulan pada peneltian ini yaitu ada pengaruh pengaruh model pembelajaran inklusi terhadap ketarampilan passing bawah pada siswa SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali. Ada pengaruh model pembelajaran resiprokal terhadap ketarampilan passing bawah pada siswa SDN 1 Jatilawang Wonosamodro Boyolali, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kelompok inklusi lebih memiliki perbedaan rata-rata daripada kelompok resiprokal. Saran dari peneliti, guru dapat menerapkan dan mengembangkan metode Pembelajaran Inklusi dan Resiprokal pada mata pelajaran atau kompetensi lain untuk meningkatkan keaktifan maupun hasil belajar peserta didik. Penulis lain dapat menggunakan variabel yang lainnya atau menambah metode penelitian lain. Kata kunci : passing, resiprokal, inklusi, Bola Voli} }