@thesis{thesis, author={Ningrum Sistia}, title ={PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAB 5 MUATAN PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1596/}, abstract={SISTIA NINGRUM. NPM 19120364. ?Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar BAB 5 muatan pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah penggunaan perangkat pembelajaran yang belum optimal sehingga keaktifan siswa masih rendah dalam pembelajaran. Selain itu kurangnya perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar muatan pembelajaran IPAS yang dimiliki oleh sekolah juga masih kurang. Maka dari itu guru dan siswa memerlukan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar yang lengkap dan sistematis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar muatan pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar?, 2) Bagaimana kevalidan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5 muatan pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar?, 3) Bagaimanakah kepraktisan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5 muatan pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis karakteristik, kevalidan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemetation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pener. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Hasil penelitian kevalidan diperoleh dari validasi materi dan media. Hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi materi adalah 94% dengan kriteria ?sangat layak? dan hasil persentase nilai yang diperoleh dari validasi media adalah 94% dengan kriteria ?sangat layak?. Hasil angket respon siswa kelas IV SD Negeri 02 Pener mendapatkan persentase nilai sebesar 91,66% dengan kriteria ?sangat layak? dan angket respon guru kelas IV SD Negeri 02 Pener mendapatkan persentase nilai sebesar 100% dengan kriteria ?sangat layak?. Sehingga dapat disimpulkan jika perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar Bab 5 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan di kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini, perangkat pembelajaran pembelajaran Kurikulum Merdeka valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik pada Bab 5 Muatan Pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 02 Pener} }