@thesis{thesis, author={Gumanti Ahmad Usman}, title ={PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GO-FOOTBALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/16/}, abstract={Ahmad Usman Gumanti, ?Pengaruh Media Pembelajaran Go Football Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Pembelajaran Sepak Bola SMA Lab School UPGRIS?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar penjasorkes siswa SMA Lab School UPGRIS kelas XII dengan materi sepak bola masih banyak siswa yang tidak lulus KKM. Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa kelas XII masih di bawah KKM 70 yaitu rata-rata 67. Nilai paling rendah ada pada aspek kognitif. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitiannya quasi-experimental design. Populasi siswa-siswi kelas XII SMA Lab School UPGRIS berjumlah 86 siswa, dan dilakukan cluster random sampling untuk mencari sampel. Kelas XII MIPA dengan jumlah siswa 29 dan XII IPS 1 dengan jumlah siswa 29. Penelitian ini berfokus pada aspek kognitif siswa dengan menggunakan pendekatan media pembelajaran sepak bola berbasis android dengan nama Go-Football. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMA Lab School UPGRIS mengenai pengaruh media aplikasi Go-Football dalam pembelajaran sepak bola ranah kognitif, ditemukan bahwa terjadi peningkatan sebesar 25,9% dari pretes ke posttest. Selanjutnya, Berdasarkan pengujian normalitas dan homogenitas hasil menunjukkan nilai 0,00 yang lebih kecil dari ambang 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen. Penerapan aplikasi Go-Football dalam pembelajaran sepakbola di SMA Lab School UPGRIS dalam ranah kognitif mengalami peningkatan dikarenakan siswa yang sudah terbiasa dengan gadget, dan guru mengarahkan gadget tersebut sebagai media untuk belajar. Media Go-Football juga merupakan media yang intneraktif yang tentunya lebih disukai siswa untuk belajar Kata Kunci: Media, kognitif, Go-Football, Sepak bola} }