@thesis{thesis, author={Nikmah Siti Durotun}, title ={UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN DIMENSI BERGOTONG ROYONG PADA SISWA KELAS IV SDN 02 GRAWAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1601/}, abstract={SITI DUROTUN NIKMAH. NPM 18120199. ?Upaya Guru dalam Menanamkan Dimensi Bergotong Royong Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Grawan?. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong dilakukannya penelitian ini adalah adanya permasalahan karakter yaitu perilaku gotong royong siswa yang menurun, ditandai dengan menurunnya kepedulian antar siswa serta kurangnya kerjasama. Guru dapat menerapkan berbagai pembiasaan agar dapat meningkatkan dimensi bergotong royong pada siswa kelas IV. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis upaya guru dalam menanamkan dimensi bergotong royong pada siswa kelas IV di SDN 2 Grawan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa upaya guru dalam menanamkan dimensi bergotong royong yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila adalah melalui kegiatan Jumat bersih yang menjadi rutinitas siswa setiap minggu, kemudian pengadaan tugas piket kebersihan harian, kegiatan belajar kelompok, dan kegiatan infaq Jumat yang dilakukan bersama guru dan siswa. Dalam proses penanaman dimensi bergotong royong, guru masih menemukan kesulitan yaitu kurangnya media pendukung atau sarana prasarana serta menghadapi siswa yang berbeda karakter. Namun peneliti menilai upaya yang dilakukan guru tersebut mampu meningkatkan dimensi bergotong royong yaitu kepedulian terhadap lingkungan serta kolaborasi siswa.} }