@thesis{thesis, author={WIBOWO FEBI FEBRIANI}, title ={POTRET PERUNDUNGAN TERHADAP PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 KOTA SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1602/}, abstract={Febi Febriani Wibowo, NPM. 19210006 ?Potret Perundungan terhadap Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Kota Semarang?. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Univrsitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang penelitian ini berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 pasal 1 ayat 6 ?Pelanggaran Hak Asasi Manusia yaitu setiap perbuatan seseorang atau kelompok baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara hukum mengurangi, menghalangi, membatasi dan atau mencabut hak asasi manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh undang undang dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyesalan hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.? Hal tersebut menegaskan bahwa tindakan perlindungan dan pencegahan HAM diupayakan menindak secara tegas. Perundungan menjadi salah satu bentuk pelanggaran HAM. Peran sekolah dalam mengatasi perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah, salah satunya yaitu melalui guru. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah perundungan di SMK N 4 Kota Semarang. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang dijadikan sebagai sumber informasi yaitu guru PPKn, guru BK dan peserta didik. Fokus dalam penelitin ini adalah upaya pencegahan perundungan terhadap peserta didik di SMK N 4 Kota Semarang. Indikator pada penelitian ini yaitu bentuk-bentuk perilaku perundungan, dampak perilaku perundungan peserta didik disekolah dari segi komponen, dan upaya pencegahan perilaku perundungan antar peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian terkait upaya pencegahan perundungan terhadap peserta didik di SMK N 4 Kota Semarang menunjukan bahwa pertama, bentuk perilaku perundungan di SMK N 4 Semarang yakni berupa perundungan verbal dan perundungan psikis yang mengacu pada Tindakan non fisik seperti mengejek memberi julukan atau pengucilan. Faktor faktor yang mendorong terjadinya perundungan di SMK N 4 Semarang yakni disebabkan kelompok geng yang lebih medominasi, perbedaan kelas (senioritas), permainan game yang mengandung kekerasan, karakter individu atau kelompok, dan perbedaan status sosial. Kedua, dampak yang ditimbulkan perilaku perundungan peserta didik yakni dapat dikelompokan menjadi 3 komponen yakni pelaku perundungan seseorang atau kelompk yang melakukan upaya perundungan, korban perundungan yaitu seseorang yang sedang atau pernah di rundung dan penonton perundungan yaitu seseorang atau kelompok yang menonton tindak perundungan. Ketiga, upaya pencegahan perilaku perundungan antar peserta didik di SMK N 4 Semarang dilakukan oleh guru PPKn dan guru Bimbingan Konseling.Terdapat TIM GSM yang merupakan gerakan sosial untuk memberikan pelayanan sesuai nilai karakter. Kata Kunci : Perundungan, Upaya Pencegahan} }