@thesis{thesis, author={Mudmainah Siti}, title ={UPAYA MENINGKATKAN BERFIKIR KRITIS ANAK MELALUI METODE BERCERITA KELOMPOK A TK DHARMA WANITA MEDANI KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1612/}, abstract={Siti Mudmainah. NPM 20156048. ?Upaya Meningkatkan Berfikir Kritis Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok A Tk Dharma Wanita Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Juli. 2023. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berfikir kritis anak di TK Dharma Wanita Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Dari hasil penelitian awal yang dilakukan peneliti di TK Dharma Wanita Medani kelompok A yang berjumlah 14 anak, saat dilakukan kegiatan pembelajaran hanya ada 4 anak yang mendengarkan dan aktif menjawab pertanyaan, anak lainnya diam bahkan ada juga beberapa anak bercerita sendiri dengan teman, kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan sehingga kegiatan tersebut kurang menarik minat anak. Kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif karena anak kurang berfikir kritis dan cenderung pasif dalam pembelajaran Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan berfikir kritis anak melalui metode bercerita kelompok A TK Dharma Wanita Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis anak melalui metode bercerita kelompok A TK Dharma Wanita Medani. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Tiap siklusnya terdiri 3 tiga pertemuan. Di setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Medani Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan yang terdiri atas 14 Anak. Data dalam penelitian ini di dapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dimana indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila lebih dari 75% anak dapat meningkat kemampuan berfikir kritisnya dengan menggunakan metode bercerita. Hasil penelitian yang berjudul ?Upaya Meningkatkan Berfikir Kritis Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok A Tk Dharma Wanita Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan?. didapatkan kesimpulan bahwa melalui metode bercerita dapat meningkatkan Kemampuan berfikir kritis anak pada kelompok A TK Dharma Wanita Medani Desa Medani Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan Tahun 2023. Peningkatan kemampuan berfikir kritis anak melalui metode bercerita tersebut dibuktikan dengan 12 anak dari jumlah 14anak mendapat kriteria nilai baik/sangat baik serta rata-rata ketuntasan klasikal akhir siklus sebesar 81% sehingga sudah melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan. Saran peneliti dalam kegiatan ini yaitu pentingnya memiliki Alat permainan edukatif (APE) dan peraga di sekolah, bagi guru metode bercerita dengan berbagai media bisa menjadi alternatif pembelajaran. Kata Kunci : Kemampuan Berfikir Kritis, Metode Bercerita} }