@thesis{thesis, author={NUGRAHANI MEITYANA SRI}, title ={PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEHNIK ROLE PLAYING DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 BLORA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1614/}, abstract={Meityana Sri Nugrahani Npm 18110135?Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Siswa Kelas X SMAN1 Blora ? Skripsi program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pgri Semarang .Pembimbing I : Siti Fitriana, S.Pd.,M.Pd.,Kons Pembimbing II : Drs. Mujiono.,M.Si Kons Penelitian di latar belakangi rendahnya kedisiplinan dalaam belajar siswa. Dan dari bentuk rendahnya disiplin belajar yang meliputi : 1. Siswa kurang termotivasi dalaam belajar 2. Siswa sering terlambat datang kesekolah . 3siswa sering memuat kegaduhan atau rebut ketika jam upacara.. 3 siswa tidak mengerjakan tugas sekolah maupun mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. 4, siswa sering merasa bosan. Pada jam pelajaran . 5Siswa sering bermain gadget ketika guru sedang menerangkan. Hal ini dapat di lihat dari sikap siswa yang cenderung acuh tak acuh terhadap peraturan sekolah yang telah di berlakukan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan true experimental dengan menggunakan Randomze control group pres tes ?posttes design populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Blora yang berjumlah 80 siswa sampel menggunakan cluster random sampling metode pengumpulan data dalam menentukan validitas di bantu dengan aplikasi SPSS 26 sebagai alat bantu product moment dalam penelitian yang terdapat reliabilitas instrument hanya item item yang valid di ujidan teknik yang di pakai menggunakan rumus alpha.s bech Berdasarkan rata rata prest tes skor kelompok experiment 81,4 dan kelompok kontrol 82,4 sedangkan dari hasil post tes terdapat hasil yang berbeda antara kelompok experiment dan kelompok kontrol setelah di berikan treatmen layanan bimbingan kelompok teknik role playing pada kelompok experiment terdapat erubahan skor dibandingkan kelompok kontrol yang tidak di berikan treatmen rata rata skor experiment 87,6 pada kategori tinggi dan rata rata kelompok kontrol 88.7 memiliki kategori sama sama tinggi dan berdasarkan hasil data perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% di peroleh dari hasil t hitung 1963>t tabel 1745 sehingga dapat disimpulkan bahwa 1963 > 1745 t hitung >t tabel yang merupakan perhitungan tersebut maka hipotesis di terima Ha menyatakan ada suatu Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Blora Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing . Disiplin Belajar} }