@thesis{thesis, author={AULIA WINDA}, title ={ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1621/}, abstract={Guru merupakan seseorang yang memiliki peran penting dalam pelaksanaan asesmen autentik dan kesiapan guru menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam implementasi asesmen autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran Biologi pada kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dukumentasi. Teknik sampling yang digunakan berupa simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh rata-rata presentase kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran Biologi pada kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen berdasarkan PAP II yaitu 82% dengan kategori ?sangat tinggi?. Dilihat dari aspek kesiapan kognitif, sikap dan emosi, dan perilaku atau implementasi yang didapatkan dari hasil wawancara yaitu memiliki presentase 89% dengan kategori ?sangat tinggi?. Hal tersebut juga dibuktikan dengan presentase kelengkapan perangkat asesmen autentik yang digunakan guru yaitu 74% dengan kategori ?tinggi?. Faktor pendukung meliputi adanya sosialisasi dan pelatihan terkait asesmen autentik pada kurikulum merdeka, sarana dan prasarana yang mendukung, adanya kerja sama antar guru, serta pemahaman dan penguasaan guru terkait asesmen autentik pada kurikulum merdeka. Faktor penghambat meliputi kurangnya sosialisasi dan pelatihan terkait asesmen autentik pada kurikulum merdeka, banyaknya jumlah siswa dengan kemampuan berbeda dan keterbatasan waktu, serta kurangnya kemampuan guru dalam menguasai IT. Kesiapan guru dalam implementasi asesmen autentik pembelajaran Biologi pada kurikulum merdeka di SMA Negeri se-Kabupaten Kebumen yaitu sangat tinggi (82%). Kata kunci : asesmen autetik, kesiapan guru, kurikulum merdeka} }