@thesis{thesis, author={RAHMAWATI AYU TRIANA}, title ={PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 RANDUBLATUNG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/165/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan tingginya perilaku bullying siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Randublatung. Tujuan dari peneliti ini ialah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik role playing memiliki pengaruh dalam mengurangi perilaku bullying siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental design dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 144 siswa, meliputi kelas XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3 dan XI IPS 4. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 36 siswa yang dipilih dengan beberapa pertimbangan tertentu menggunakan purposive sampling. Hasil perhitungan analisis data diketahui bahwa hasil pre-test pada kelompok eksperimen memiliki skor rata-rata sebesar 84,6 dan hasil post-test pada kelompok eksperimen menjadi 42, 9. Berdasarkan hasil skor rata-rata tersebut dapat diartikan bahwa perilaku bullying pada kelompok eksperimen mengalami penurunan sebesar 41,7 setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik role playing. Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ?ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam mengurangi perilaku bullying kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Randublatung?. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu layanan konseling kelompok teknik role playing dapat digunakan guru BK dalam mengurangi perilaku bullying siswa. Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Perilaku Bullying, Teknik Role Playing} }