@thesis{thesis, author={Zanki Mohammad Imaddudin}, title ={HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DAN AKTIFITAS FISIK ANAK DITINJAU DARI ASPEK SCREENTIME}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1652/}, abstract={Mohammad Imaddudin Zanki. ?Hubungan Antara Lingkungan Sosial Dan Aktifitas Fisik Anak Ditinjau Dari Aspek Screentime?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang. 2022. Latar belakang penelitian ini didasari dengan berkurangnya aktifitas fisik anak usia dini dan berkurangnya interaksi dilingkungan sosial yang disebabkan oleh penggunaan gadget terhadap anak usia dini di era sekarang ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah hubungan antara aktifitas fisik anak dan lingkungan sosial yang ditinjau dari aspek screentime ?. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan atau korelasi mengenai hubungan antara aktifitas fisik anak dan lingkungan sosial yang ditinjau dari aspek screentime. Jenis penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengambukan sampel adalah teknik purposive sampling dengan teknik angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua anak pra sekolah dalam TK dan PAUD sekecamatan BREBES. Sampel yang diperlukan dalam penelitian ini adalah Skala Likert, Moderat Physical Aktivity (MPVA) dan lightintensity physical aktivity (LPA). Teknik analisis statistic data dalam pengujian menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara aktifitas fisik dengan screentime memperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0,00 < 0,05. Begitu juga hubugan antara lingkungan sosial dengan screentime memperoleh nilai Sig.(2-tailed) = 0.00 < 0,05. Sedangkan antara hubungan aktifitas fisik dengan lingkungan sosial memperoleh Sig.(2-tailed) = 0,054 > 0,05. Kesimpulan yang diperoleh bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara aktifitas fisik dengan screentime. Terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara lingkungan sosial dengan screentime sedangkan aktifitas fisik dengan limgkungan sosial tidak terdapat hubungan atau korelasi. Saran dari penelitian ini adalah diharapkan orang tua dapat memprotesi anak seperti membatasi waktu anak dalam bermain screentime, harapkan juga kepada Institusi Pendidikan Anak Usia Dini agar dapat memberikan variasi dalam penerapan kegiatan aktifitas fisik yang menyenangkan bagi anak usia dini. Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Aktifitas Fisik, Aspek Screentime} }