@thesis{thesis, author={Supriyanto Muhammad Agus}, title ={PENGARUH FAKTOR KELUARGA, FAKTOR SEKOLAH, FAKTOR MASYARAKAT, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1674/}, abstract={Pada penelitian ini, peneliti fokus pada pengaruh faktor eksternal belajar (faktor keluarga, faktor masyarakat, faktor sekolah) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar ranah kognitif siswa. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer yang didapat dari pengisian kuesioner dan tes siswa SMKN 1 Kudus sebanyak 324 responden. Pengisian kuesioner dan tes dilakukan menggunakan google form, yang terdiri dari 80 kuesioner dan 25 tes. Teknik analisis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rasch Model dan analisis jalur dengan menggunakan software Winstep dan IBM SPSS AMOS 24. Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat pengaruh antara faktor keluarga dengan hasil belajar maupun dengan motivasi belajar. Sedangkan untuk faktor masyarakat terhadap hasil belajar terdapat pengaruh sebesar 82% dan faktor masyarakat terhadap motivasi belajar terdapat pengaruh sebesar 18%. Pada faktor sekolah terhadap motivasi tidak terdapat pengaruh, namun faktor sekolah terhadap motivasi belajar terdapat pengaruh sebesar 76%. Kata kunci: faktor keluarga, faktor masyarakat, faktor sekolah, motivasi belajar, hasil belajar} }